Menuju Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Yang Kredibel dan Akuntabel

Jogjakarta – Dalam rangka Sosialisasi serta implementasi aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4.3 Sub Direktorat Pengembangan Aplikasi dan Teknologi Informasi, Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik, LKPP, menggelar Sosialiasi Penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4.3 dan Implemantasi Cloud LPSE. Pada 13 September 2018 lalu di Hotel Royal Ambarrukmo, Jogjakarta. Sosialisasi ini juga menyambut perilisan aplikasi SPSE versi 4.3 yang resmi dirilis pada 04 September 2018 lalu, dimana setelah dirilisnya aplikasi SPSE 4.3 ini, sudah ada 10 Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang terinstal aplikasi SPSE 4.3, dan LPSE Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menjadi yang pertama menggunakan aplikasi SPSE terbaru ini. Gelaran ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari 13 September 2018, sampai dengan 14 September 2018.

Ada beberapa rangkaian acara dalam sosialisasi ini, di hari pertama, Sosialisasi dimulai dengan pemaparan terkait regulasi E-procuremnet Nasional dan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan. Paparan terkait regulasi eprocurement nasional yang dibawakan oleh Gatot Pambudhi Poetranto selaku Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik. Dalam paparannya beliau menyampaikan beberapa hal penting,  diantaranya terkait e-marketplace yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 70, yang mana e-marketplace ini adalah pasar elektronik yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa pemerintah, yang berupa katalog elektronik. Lalu dijelaskan pula terkait Cluod LPSE serta cloud Pengadaan, dan terkait persiapan implementasi apliksai SPSE 4.3. Selanjutnya dilanjutkan dengan paparan terkait Perancanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang dibawakan oleh Hermawan selaku Kepala Sub Direktorat Perencanaan Pengadaan, beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait tahapan proses pengadaan, skema integrasi perencanaan, penganggaran, dan pengadaan, serta hal lainnya terkait perencanaan pengadaan. Sesi selanjutnya peserta yang terdiri dari PPK, Pokja, dan admin Sistem, dibagi ke dalam tiga kelas besar, untuk kelas PPK disisi dengan materi perencanaan RUP serta penggunaan Aplikasi SPSE 4.3 (pembuatan paket dan e-Kontrak non tendering), lalu di kelas Pokja Diisi dengan materi Pengunaan Aplikasi SPSE 4.3, dan di kelas Admin Sistem di isi dengan materi Instalasi SPSE 4.3 dan Implementasi Cloud LPSE. (lkpp)

2017 - Bagian Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Jayawijaya

Pengunjung

069326
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1078
65
1536
66880
2826
5583
69326

Your IP: 34.236.216.93
2019-10-18 22:18